Dorong Optimalisasi Ekspor Produk UMKM ke India, Kantor Baru ITPC Chennai Diresmikan Mendag
Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso hadir secara daring untuk meresmikan kantor baru Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chennai di India, Sabtu (26/4). Relokasi kantor ITPC Chennai menjadi komitmen Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dalam optimalisasi ekspor Indonesia di wilayah India Selatan.
Mendag Busan berharap, kantor baru ini dapat meningkatkan keterlibatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia dalam perdagangan dengan India. “Kota Chennai merupakan pusat industri dan perdagangan di India Selatan yang memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan dagang antara Indonesia dan India.
Kantor baru ITPC Chennai merupakan komitmen kami dalam mengembangkan dan mengoptimalkan ekspor Indonesia di pasar India,” ungkap Mendag Busan dalam sambutannya, mengutip siaran pers di situs resmi Kemendag.
Mendag Busan juga mengatakan, India merupakan mitra dagang strategis bagi Indonesia. Untuk itu, Mendag Busan berharap, kantor baru ITPC Chennai dapat menjadi pusat informasi yang memfasilitasi pertumbuhan ekspor berkelanjutan dan perluasan pasar ke India. Chennai merupakan ibu kota Tamil Nadu, sebuah negara bagian dengan ekonomi terbesar kedua di India setelah Maharashtra.
Lihat juga Kemenko Perekonomian Dorong Penciptaan Lapangan Kerja untuk Kuatkan Ketahanan Ekonomi
Kepindahan kantor ITPC Chennai ke lokasi baru ke Express Avenue Estate dari sebelumnya di Ispahani Center akan semakin menguntungkan upaya promosi produk- produk Indonesia. Hal ini karena Express Avenue Estate merupakan area strategis yang terintegrasi dengan kawasan pusat belanja, perkantoran, dan hotel. Mendag Busan berharap, para pelaku usaha India dan Indonesia akan lebih banyak interaksi dan membawa hasil nyata di kantor baru.
“Kantor baru ITPC Chennai akan memainkan peran strategis dalam memperkenalkan produk Indonesia ke pasar India, memfasilitasi kerja sama antara pengusaha kedua negara, menyediakan informasi pasar yang akurat dan terkini, serta menjembatani pelaku bisnis melalui berbagai kegiatan pitching dan business matching untuk mendukung program UMKM Berani Inovasi, Siap Adaptasi (BISA) Ekspor,” kata Mendag Busan.
Dikatakan, Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk selalu kompetitif di tengah ketidakpastian dan semakin ketatnya persaingan global. Busan berkeinginan, strategi ekspor ke India akan semakin kuat melalui sinergi Atase Perdagangan New Delhi dan ITPC Chennai. Terlebih, ITPC Chennai saat ini memiliki kantor baru dengan posisi lebih strategis.
“Kami harap Atase Perdagangan New Delhi dan ITPC Chennai dapat saling melengkapi, memperkuat penetrasi pasar, serta membuka lebih banyak peluang kerja sama dagang melalui berbagai kegiatan,” imbuh Mendag Busan. (red)